Tips Ampuh Menghindari Cedera Olahraga

Bagi kita yang suka berolahraga, tentu tahu bahwa cedera olahraga adalah hal terburuk yang dapat kita alami. Biasanya, semakin profesional seorang olahragawan, semakin serius pula cedera yang akan didapatkan. Bahkan pergelangan kaki yang terkilir sederhana dapat memerlukan terapi fisik berminggu-minggu untuk dapat memulihkannya kembali. Bahkan cedera tersebut mungkin tidak sepenuhnya kembali seperti semula. Dalam sebuah kasus cedera olahraga terburuk, cedera serius bisa berarti akhir dari karir seorang olahragawan profesional.

Cedera olahraga tidak bisa dianggap sebuah hal sepele. Cara terbaik untuk menghindari cedera adalah dengan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegahnya dari awal sebelum memulai olahraga.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kita menghindari cedera olahraga :

Pemanasan
Melakukan pemanasan sebelum berolahraga dapat membantu mencegah otot tegang atau kaku saat kita mulai melakukan gerakan olahraga. Dengan merenggangkan tubuh kita sebelum berolahraga akan meningkatkan aliran darah ke otot-otot serta membuatnya menjadi hangat. Karena dengan pemanasan kita mempersiapkan otot dan sendi kita untuk gerakan yang lebih berat. Cara mudah untuk melakukan pemanasan adalah dengan jogging ringan, kemudian dilanjutkan dengan regangan yang baik dari semua bagian tubuh kita.

Gunakan Alat Pelindung
Mengenakan alat pelindung saat kita berolahraga tidak hanya akan melindungi kita dari kemungkinan cedera, tetapi juga dapat menyelamatkan hidup kita. Jika helm diperlukan untuk olahraga yang dipilih seperti balapan, jangan mainkan olahraga itu tanpa helm. Penting juga untuk mengenakan helm yang benar untuk olahraga yang benar. Perlengkapan pelindung lainnya termasuk bantalan lutut, pelindung mulut atau kawat gigi, serta pelindung mata dan cleat.

Jangan Bermain Saat Memiliki Cedera
Setelah mengalami sedikit cedera atau jatuh dengan skala cukup parah, beberapa olahragawan mungkin berpikir bahwa boleh saja “meninggalkannya” tetapi itu bukan ide yang baik. Jika cedera terjadi, tidak peduli seberapa kelihatannya, sebaiknya untuk beristirahat dan memeriksanya dengan serius. Mungkin saja cedera tersebut lebih buruk dari yang kita pikirkan. Memutuskan untuk bermain dengan cedera bisa membuat segalanya menjadi lebih buruk. Jadi jalan terbaik setelah kita memiliki cedera adalah menunggu sampai cedera sepenuhnya pulih, sebelum melanjutkan berolahraga.

Latihan Sesuai Kapasitas dan Aturan
Mengikuti aturan permainan memungkinkan semua orang tahu apa yang diharapkan saat bermain sebuah game, maka begitu juga saat kita berolahraga. Cara ini akan membantu diri kita mencegah cedera yang disebabkan oleh gerakan tak terduga atau tidak sesuai aturan dan kapasitas kemampuan kita.

Beristirahat
Setelah kita berolahraga, hal terpenting yang harus kita lakukan adalah beristirahat. Dengan memiliki istirahat yang cukup, maka tubuh otot dan sendi pada tubuh kita akan memberikan kesempatan untuk kembali bekerja serta berfungsi dengan normal. Otot yang terlalu banyak bekerja cenderung menyebabkan cedera atau menimbulkan rasa sakit.

Cedera yang disebabkan pada saat berolahraga dapat menyebabkan kerusakan serius pada tubuh kita dan cara terbaik untuk menghindari menyakiti diri sendiri adalah dengan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah terjadinya cedera tersebut. Jika kita merasa terluka saat bermain, istirahatlah dan cepat melakukan pemeriksaan secara medis.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *